Keindahan Pesona Wisata Danau Toba

 Pesona Wisata Danau Toba

“It never fails to amazed me” Itulah yang terpikir di benak setiap kali berkunjung ke Danau Toba. Pesonanya akan selalu membuat siapapun terkagum-kagum. Danau Toba, danau alam tekto-vulkanik dengan luas sekitar 1.130 kilometer persegi itu disebut sebagai danau terbesar dan terindah di Indonesia. Danau Toba tidak hanya dijadikan destinasi wisata para pelancong saya, tetapi sering pula dijadikan sebagai pilihan untuk menggelar acara Family Gathering atau Employee Gathering.
Ada banyak rute untuk mencapai Danau Toba. Jika Anda datang dari luar Provinsi Sumatra Utara, Anda bisa naik pesawat dan turun di Bandara Sibolangit Balige atau di Bandara Kualanamu Deli Serdang. Kalau tujuan menginap Anda berada di Pematangsiantar sebelum ke Parapat (Danau Toba), Anda dapat memilih pesawat tujuan Kualanamu.

Sesampainya di Bandara Kualanamu, Anda perlu mencari shuttle bus atau taxi menuju Pematangsiantar. Jika Anda ingin lebih cepat, Anda bisa naik taxi seperti Nice Trans dengan biaya Rp. 300.000,- per mobil, bisa digunakan untuk 1-3 orang penumpang. Atau kalau Anda ingin lebih hemat, Anda bisa naik shuttle bus Paradep dengan biaya Rp. 55.000,- per orang, tapi bus baru berangkat kalau sudah penuh penumpang. Rute yang dilalui adalah Kualanamu – Lubuk Pakam – Tebing Tinggi – Pematangsiantar. Perjalanan biasanya ditempuh dalam 3-4 jam, tapi karena sekarang tol Kualanamu-Tebing Tinggi sudah beroperasi maka waktu perjalanan menjadi lebih singkat. Jika Anda datang dari Medan, Anda juga bisa menggunakan rute ini, hanya saja tidak melewati Kualanamu.

Pematangsiantar - Parapat dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam lebih dalam kondisi jalan normal. Di sepanjang jalan, Anda akan disuguhi pemandangan yang beraneka ragam, mulai dari perkampungan, hamparan perkebunan kelapa sawit, tebing, serta hutan cemara di kanan-kiri jalan.
Saat memasuki kawasan Geopark Caldera Toba, lambat laun udara menjadi sejuk dan Anda akan melihat puluhan hingga ratusan monyet di sisi kiri jalan sedang bergelantungan di pohon, duduk diam menunggu makanan yang dilempar pengguna jalan atau sekadar bercengkerama dengan monyet lain. Di sini, Anda sudah dapat melihat pemandangan Danau Toba dari atas bukit terhampar di depan mata. Bibir pantai Danau Toba dapat dicapai setelah melanjutkan perjalanan kira-kira 5 – 10 menit lagi.

Akhirnya sampailah di Danau Toba. Bentangan air sejauh mata memandang, dengan diapit oleh bukit-bukit nan hijau dan rumah-rumah yang tampak kecil dari kejauhan. Bagusnya ketika berkunjung ke Danau Toba cuaca cerah berawan dengan sedikit semburat mendung dan angin sepoi-sepoi. Rasanya siapapun akan betah berlama-lama memandang keindahan alam tersebut. Di sini juga tersedia kapal feri yang akan membawa Anda bersama rombongan keluarga atau teman mengitari Danau Toba sampai batas Batu Gantung dengan biaya Rp. 350.000,- sekali jalan. Anda sekeluarga juga bisa menginap di hotel atau penginapan yang banyak tersedia di sekitaran Danau Toba. Jika Anda berencana menyeberang ke Pulau Samosir, Anda bisa naik kapal feri di Pelabuhan Parapat sekitar 10-15 menit dari bibir pantai Danau Toba.


Menjelang waktu makan siang, Anda bisa mencari restoran sekitar yang berhadapan langsung dengan danau. Santap siang berlatarkan Danau Toba dengan menu ikan bakar dan sambal Andaliman, sambal khas Batak. Mantap kan? Yuk, ajak seluruh keluarga menikmati liburan di Danau Toba.

Share:

0 komentar